26 Desember 2009

UPAYA MENINGKATKAN GURU YANG PROFESIONAL DALAM ERA REFORMASI

Upaya Meningkatkan Guru Yang Profesional dalam Era Reformasi Lima Faktor Krusial untuk Meningkatkan & Menganalisa Profesionalisme Guru 1. Ethic (Etika) 2. Attitude (Sikap) 3. Habits (Kebiasaan) 4. Knowledge (Ilmu Pengetahuan) 5. Skill (Keterampilan) Etika | Ethic [01] Kemampuan untuk berkerja dan melayani tanpa diskriminasi | Ability to work and serve without discrimination (ethnic, religion, sex, age, disabilities, and gender). [02] Kemampuan untuk menjaga kerahasiaan dan privasi siswa, rekan guru dan atasan | Ability to protect a privacy of student, fellow teacher and employer. [03] Komitmen untuk memberikan penilaian berdasarkan pendapat dan penilaian yang objektif | Committed to give objective opinion and assessment. [04] Isu yang berhubungan dengan keadilan dalam kontrak pekerjaan dan perimbangan daya tawar antara pemilik sekolah dan yang dipekerjakan | Issues relating to the fairness of the employment contract and the balance of power between employer and employee: slavery, employment law. [05] Masalah keselamatan kerja dan kesehatan kerja | Ocupational safety and health. Sikap | Attitude [01] Proaktif | Be proactive [02] Percaya diri | Be confidence [03] Bergembira dalam beraktivitas | Have Fun in school activity [04] Terbuka | Be open [05] Fokus | Be Focus [06] Memiliki sikap empati | Be emphatic Kebiasaan | Habits [01] Kebiasaan yang teratur | Be organized [02] Selalu berpartisipasi | Always participate [03] Bekerja dan belajar untuk mencapai sinergi | Work & learn together to achieve synergy [04] Belajar untuk mendengar orang lain | Learn to listen to other [05] Menghargai | Appreciate [06] Kebiasaan untuk terus berlatih | Practice-practice-practice Ilmu Pengetahuan | Knowledge [01] Metode belajar | Learning method [02] Metode mengajar | Teaching method [03] Metode manajemen kelas | Class management method [04] Psikologi anak | Children psychology [05] Pengetahuan akan trend ilmu dimasa yang akan datang | Knowledge to upcoming trend Keterampilan | Skill [01] Keunggulan dalam oprasional kelas | Class operational excellence [02] Membina hubungan yang baik dengan siswa | Relationship with student [03] Kemampuan untuk mencetuskan inovasi | Ability to spark innovation [04] Memupuk berfikir kritis | Nurture critical thinking [05] Kemampuan untuk berfikir analitis | Ability to Develop analytical skill [06] Kemampuan untuk membuat hipotesa | Ability to hypothesized [07] Kemampuan untuk menghubungkan | Ability to associate [08] Kemampuan untuk membuat prediksi | Ability to make prediction [09] Kemampuan untuk mencetuskan rasa ingin tahu | Ability to spark curiosity [10] Kemampuan untuk mengingat | Ability for retention [11] Kemampuan untuk memahami | Ability to comprehend [12] Keunggulan dalam oprasional kelas | Class operational excellence Kita Meningkatkan Profesionalisme [01] Bangun dan pupuk jiwa kepemimpinan dalam diri (build strong leadership). [02] Bersikap dan berkerja secara akuntabel sesuai dengan posisi anda. Jalankan tata kelola yang baik (practice good governance). [03] Proaktif dan berpartisipasi secara positif. Tidak ada perubahan tanpa partisipasi (multilevel participation). [04] Bangun “Sense of Urgency” Professionalism Road Map [01] Susun strategi untuk membangun profesionalisme. [02] Bentuk struktur yang akan mendukung strategi. [03] Bangun sistem yang berisikan prosedur formal dan informal yang mengatur aktivitas sehari hari. [04] Seleksi talenta yang cocok dan mendukung tujuan organisasi. [05] Tetapkan nilai nilai bersama yang menjadi ciri dan kultur organisasi. [06] Bangun gaya yang unik sehingga menjadi ciri khas personel organisasi anda ketika tampil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketik komentar anda dengan baik dan sopan...

KISI-KISI SOAL PJOK KELAS 9

NO SOAL PILIHAN A PILIHAN B PILIHAN C PILIHAN D 1 Jumlah pemain ...