KISI-KISI SOAL MATA
PELAJARAN PENJASKES
|
|
SMP/MTs KELAS VII
SEMESTER I
|
No
|
STADAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KLS/SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
RANAH
|
TINGKAT KESUKARAN
|
1
|
Mempratikkan berbagai teknik dasar permainan olah
raga,serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1. Mempratikkan teknik dasar
salah satu permainnan dan olah raga beregu bola besar dengan baik serta nilai
kerja sama,toleransi ,percaya diri,keberaniaan, menghargai lawan,bersedia
berbagi tempat dan peralatan
1.2. Mempratikkan teknik dasar
salah satu permainan dan olah raga beregu bola kecil dengan baik serta nilai
kerja sama,toleransi,percaya diri,keberanian menghargai lawan,bersedia
berbagi tempat dan peralatan
1.3. Mempraktikan teknik dasar
atletik lanjutan serta nilai toleransi,percaya diri,keberanian,keselamtan
diri dan orang lain bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
VII/I
|
Sepak Bola
Bola Voli
Bola basket
Bulu tangkis
Tenis meja
Lari jarak pendek 50 M
Tolak peluru awalan
menyamping
|
|
Kognitif
Kognetif
Kognetif
|
C.2
C.1
C.2
|
No
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KLS/SMT
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
RANAH
|
TINGKAT KESUKARAN
|
2.
3.
|
Mempraktikan latihan kebugran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Mempraktikan senam
dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
2.1. Mempraktikan jenis latihan
kekuatan dan daya tahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab
2.2. Mempraktikan
latihan daya tahan jantung dan paru-paru serta nilai disiplin dan tanggung
jawab
3.1. Mempraktikan dasar
senam dengan bentuk latiahan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai
disiplin,keberanian dan tanggungjawab
|
|
Kebugaran Jasmani
Senam Dasar
|
|
kognetif
Kognetif
Kognetif
Kognetif
Kognetif
|
C.2
C.2
C.2
C.1
C.1
|
KISI-KISI SOAL MATA
PELAJARAN PENJASKES
|
||||||||
SMP/MTs KELAS VII
SEMESTER 2
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KELAS/SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
RANAH
|
TINGKAT KESUKARAN
|
|
1
|
1. Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1 Mempraktikan teknik dasar gerak guling depan
serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
VII/2
|
Senam dasar dan senam lantai
|
Melakukan sikap melayang
|
Kognitif
|
C.2
|
|
Senam Dasar
|
Berdiri menggunakan satu kaki
|
|
||||||
1.2 Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta
nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab
|
VII/2
|
Senam Lantai
|
Melakukan sikap lilin
|
Kognitif
|
C.2
|
|||
Senam Ketangkasan
|
melakukan berdiri dengan kepala (kopstand)
|
|
||||||
2
|
2. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa
alat, gerak mengayun dua lengan mengikuti irama, serta nilai-nilai disiplin,
estetika toleransi dan keluwesan
|
VII/2
|
Gerak langkah kaki dan ayunan lengan
|
Melakukan teknik dasar mengayun dua lengan depan
belakang
|
Kognitif
|
C.2
|
|
|
|
Melakukan
teknik dasar ayunan dua lengan ke samping
|
|
|||||
|
|
Melakukan teknik dasar ayunan dua lengan ke samping
diikuti berat badan dipindahkan
|
|
|
|
2.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa
alat dengan melangkah dan mengayun lengan, serta disiplin, estetika,
toleransi dan keluwesan
|
VII/2
|
Senam Kesegaran Jasmani 2000
|
Melakukan gerak langkah biasa ayunan satu lengan depan belakang,langkah
mundur maju ayunan dan putaran dua
lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
|
Kognitif
|
C.2
|
3
|
3. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya dada, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan
kaki dan lengan renang gaya dada serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
VII/2
|
Bentuk Pengenalan Air
|
Melakukan koordinasi
teknik dasar gerakan kaki dan
lengan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
|
Kognitif
|
C.2
|
3.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar lengan dan
pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
VII/2
|
Renang Gaya Dada
|
Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan
pernapasan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
|
Kognitif
|
C.2
|
||
3.3 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar renang
gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
VII/2
|
Renang Gaya Bebas
|
Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada,
kaki, lengan dan pernapasan diawali meluncur dari pinggir kolam
|
Kognitif
|
C.2
|
||
4
|
4. Mempratekkan perkemahan dan dasar-dasar
penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
|
4.1Mempratekkan pemilihan tempat yang tepat untuk
mendirikan tenda perkemahan, mempratekkan
teknik pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara
beregu, serta nilai kerjasama, tanggung
jawab dan tenggang rasa
|
VII/2
|
Keterampilan Dasar Berkemah
|
Memahami maksud dan tujuan perkemahan
|
Kognitif
|
C.2
|
|
VII/2
|
mengidentifikasi tempat untuk dasar mendirikan tenda
perkemahan
|
|
||||
|
VII/2
|
melakukan teknik dasar pemasangan tenda untuk
perkemahan di lingkungan sekolahan
|
|
|
|
4.2Mempratikkan penyelamatan P3K terhadap jenis luka
ringan serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan tenggang rasa.
|
VII/2
|
Dasar-dasar Pertolongan Pertama pada Kecelakaan
(P3K)
|
Melakukan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka
ringan
|
Kognitif
|
|
5
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1Melakukan indentifikasi berbagai penyakit menular
seksual (PMS)
|
VII/2
|
Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang
|
Melakukan idetifikasi penyakit menular seksual
|
Kognitif
|
C.2
|
5.2 Menerapkan cara menghidari penyakit menular seksual
|
VII/2
|
Penyakit Menular Seksual (PMS)
|
Melakukan cara pencegahan penyakit menular
|
Kognitif
|
C.2
|
terima kasih
BalasHapussalam pak, izin untuk dicontoh
BalasHapussalam pak, terima kasih artikel bapak sangat membantu. semoga menjadi amal jariah bagi bapak. salam
BalasHapus