29 Oktober 2020

MODEL PEMBELAJARAN SOLE


 

MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS)

Model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) menitik beratkan proses pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapapun yang berkeinginan untuk belajar dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya. Dalam konteks pembelajaran yang dilakukan di Sekolah, model pembelajaran SOLE digunakan oleh guru dalam mengeksplorasi kedalaman pemahaman materi kepada peserta didik dengan memanfaatkan rasa keingintahuan yang dimiliki oleh
peserta didik tersebut.

 

Diskripsi Layanan Pembelajaran Dari Rumah

Pandemi COVID-19 sangat berdampak pada pola pembelajaran di seluruh dunia termasuk Indonesia, model Pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka harus di gantikan dengan cara pembelajaran Daring.Menteri pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan kebijakan pendidikan dalam masa darurat COVID-19 melalui SE Mendikbud No. 4 Tahun 2020 yang salah satunya adalah ketetapan tentang belajar dari Rumah. Belajar Dari Rumah yang akan dilaksanakan dengan menggunakan Model Pembelajaran SOLE, dengan syarat yang paling minimal adalah memiliki koneksi internet atau paket Data,tetapi bila tidak adapun dapat secara offline.

Langkah-Langkah Kegiatan pembelajaran SOLE

SOLE Model pembelajaran SOLE terdiri atas tiga tahap aktifitas yang harus dilakukan oleh setiap peserta didik. Guru hanya bertugas memberikan pemicu dalam bentuk pertanyaan terkait materi yang akan dibahas. Aktifitas selanjutnya tergantung kreatifitas peserta didik dalam menjawab pertanyaan tersebut. Lebih terperinci tiga tahapan aktifitas yang dilaksanakan adalah sebagai berikut: Pertanyaan (Question) Memberikan pertanyaan yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang diajarkan, pertanyaan tersebut diharapkan juga dapat menurunkan pertanyaan-pertanyaan yang lebih banyak lagi terhadap materi yang diajarkan. (selama 5 Menit) Investigasi (Investigate) Peserta didik membentuk kelompokkelompok kecil.

 

Peserta didik dalam kelompok berkolaborasi satu dengan yang lainnya dan menggunakan satu perangkat internet untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Apabila jaringan internet sangat terbatas siswa dapat memanfaatkan buku paket ataupun lingkungan sekitar sebagai objek pengamatan dan penyelidikan. (selama 30-45 menit) Mengulas (Review) Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil penemuan mereka terhadap pertanyaan yang diberikan. (selama 10-20 menit)

Langkah Guru dalam mempersiapkan Big Question

a)      Buatlah pertanyaan yang memiliki jawaban lebih dari 1

b)      Sertakan stimulus dalam pertanyaan yang dibuat

c)      Berikan pertanyaan yang terkait dengan hal-hal yang telah atau pernah dialami atau ditemui siswa dalam kesehariannya.

d)      Buat pertanyaan yang memungkinkan dapat dikembangkan lagi beberapa pertanyaan di dalamnya.

e)      Fokus pada masalah/pertanyaan, bukan pada jawaban.

f)       Cobalah membuat pertanyaan brainstorming terkait dengan topik, konsep atau ide.

 

Contoh Biq Question yang dapat di gunakan Siswa

1.      Apa yang Kalian Ketahui tentang Covid-19 dan bagaimana cara agar kita terhindar dari Covid-19 ?(untuk SD,SMP,SMA,SMK)

2.      Jika kalian sebagai Karyawan di perusahaan ,dalam situasi  covid-19 banyak yang di PHK apakah yang harus kalian lakukan dan bagaimana cara mengatasinya?( Mapel Ekonomi SMA)

 

Langkah- Langkah Yang Dipersiapkan Oleh Guru

a)      Menyusun RPP

b)      Membentuk WAG untuk kelas (kaizala, telegram, WA)

c)      Menyiapkan big question (literature)

d)      Menyusun jadwal pertemuan (vicon : webex, zoom, googlemeet, dll)

 

Aktivitas Pembelajaran SOLE

A.      Aktivitas Guru :

Ø  Guru memberikan contoh Biq Question (Tematik)sesuai mata pelajaran yang di bahas.

Ø  Guru memberikan Biq Question (Sintak 1 SOLE )

Ø  Guru turut gabung dalam WAG kelompok siswa

Ø  Guru memberikan stimulus terhadap capaian siswa 2.

 

B.      Aktivitas Siswa :

Ø  Siswa membuat kelompok melalui Whatshapp Group

Ø  Siswa menjelajah sumber dari sumber belajar Rumah Belajar yang diberikan oleh Guru sebagai clue, kemudian siswa secara mandiri akan menambah informasi melalui browsing atau searching secara berkelompok (sintak 2 SOLE)

Ø  Mencatat hasil Temuan /informasi dari biq Question d. Siswa Saling berdiskusi dalam Kelompok WAG . Siswa Menyatukan Jawaban yang di peroleh

Ø  Siswa Mempresentasikan hasil jawaban kelompok melalu via Zoom

Ø  Kelompok lain menanggapi

 

C.       Aktivitas Orang Tua

Ø  Mendampingi dalam aktivitas siswa dalam pencarian informasi

Ø  Membantu memberikan pendapat dalam pencarian informasi

Ø  Memberikan stimulus /penguatan terhadap capaian hasil pencarian informasi dari biq question.

 

Yang harus diperhatikan :

a)      Beri kesempatan siswa untuk memformulasikan apa yang mereka fi kirkan dan biarkan mereka menuliskan ide mereka.

b)      Kembangkan kemampuan eksplorasi siswa, rasa ingin tahu serta dalam membuat pertanyaan. Buatlah pertanyaan yang berdasar pada kehidupan nyata sehingga siswa mampu untuk berartikulasi, memprediksi , menguji pengetahuan mereka serta menghubungkan ide mereka dengan pengetahuan yang berkembang saat ini.

c)      Bimbing Siswa agar fokus pada konsep.

d)      Jangan terlalu banyak memberi arahan, Biarkan siswa yang berusaha untuk mengembangkan daya fi kir mereka sendiri.

 

ALUR PEMBELAJARAN MODEL SOLE

 


SUMBER : Panduan Model Pembelajaran Inovatif

@Pengajar lagi belajar 7M (Mendidik, Mengajar, Membimbing, Mengarahkan, Melatih, Menilai & Mengevaluasi)

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK mewujudkan Merdeka Belajar. >> Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Subscribe Youtube Channel:
https://www.youtube.com/channel/UCruIPEKnJyYgehWmnMuz3Ag
Follow Our Official Twitter: https://twitter.com/tom0813522
Check Our Official Blog: https://tom081352yahoocoid.blogspot.com/
Check Our Official E_Learning: https://smpnsabar.gnomio.com/
Like Our Official Facebook: https://www.facebook.com/tom081352.Digitalgms
Follow Our Official Instagram: https://www.instagram.com/tom0813522

#RumahBelajar
#DutaRumahBelajar
#SahabatRumahBelajar
#PembaTIK
#PembaTIKLevel4 
#PembaTIKKalteng
#GuruPenggerak
#GuruBerbagi
#MerdekaBelajar
#IndonesiaMaju
#Sukamara
#BalaiRiam
#SMPn1balairiam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketik komentar anda dengan baik dan sopan...

KISI-KISI SOAL PJOK KELAS 9

NO SOAL PILIHAN A PILIHAN B PILIHAN C PILIHAN D 1 Jumlah pemain ...